Kiat Bugar Dan Sehat Selama Pandemi

Spread the love

Selama pandemi seperti sekarang ini, memelihara kesehatan tubuh wajib dilakukan agar terhindar dari paparan virus Covid-19 yang menyebabkan sakit. Dilansir dari berbagai website kesehatan, menjaga kondisi tubuh penting agar aktivitas yang dijalani selama pandemi dapat berjalan dengan baik tanpa adanya penyakit yang menjangkiti tubuh.

Menjaga kesehatan dan memelihara daya tubuh umumnya masih banyak disepelekan oleh sebagian besar orang. Masyarakat cenderung kurang peduli dengan kesehatan tubuhnya pada saat pandemi seperti sekarang ini. Bahkan pola hidup yang buruk masih saja berjalan meskipun sedang mewabahnya pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Kebijakan Selama Pandemi Covid-19

Selama pandemi Covid-19, ada beberapa kebijakan yang diterapkan pemerintah kepada masyarakat secara umum. Kebijakan-kebijakan yang ditetapkan oleh pemerintah tersebut dilakukan guna menekan angka penularan Covid-19 di berbagai wilayah di Tanah Air. Adapun beberapa kebijakan yang ditetapkan pemerintah antara lain:

  1. Pemberlakuan PPKM

Kebijakan yang cukup familiar beberapa waktu terakhir ialah pemberlakuan PPKM yang dilakukan serentak di Pulau Jawa dan Bali terhitung mulai Januari hingga Agustus saat ini. Pada penerapan PPKM ini, pemerintah melakukan penyekatan dan pembatasan kegiatan dari masyarakat pada titik-titik yang disinyalir menjadi zona merah.

  1. Kebijakan di rumah saja

Kebijakan selanjutnya yang diterapkan oleh pemerintah seiring dengan adanya pandemi Covid-19 di Indonesia yakni kebijakan untuk tetap di rumah atau #dirumahaja yang banyak digaungkan oleh presiden, kepala daerah dan publik figur.

Kebijakan untuk di rumah saja merupakan strategi yang efektif dalam rangka mengurangi angka penyebaran dan penularan Covid-19 di berbagai wilayah di Tanah Air. Lewat kebijakan ini, pemerintah dapat mengontrol naik turunnya kurva jumlah kasus penularan Covid-19 yang ada di Indonesia.

  1. Kebijakan Kartu Prakerja

Selain kebijakan yang diarahkan untuk mengurangi angka penularan dan penyebaran Covid-19 di Tanah Air. Pemerintah juga telah menerapkan kebijakan Kartu Prakerja secara bertahap untuk membantu dalam membantu masyarakat dari segi ekonomi. Khususnya bagi masyarakat yang terdampak dari adainya Covid-19 ini, seperti terkena pemutusan hubungan kerja hingga tidak mendapatkan insentif selama bekerja.

  1. Perpu Covid-19

Kebijakan terkait dengan landasan hukum kasus Covid-19 ini yakni dengan mengeluarkan Perpu Covid-19 tahun 2020 yang mencangkup penanganan Covid-19 dari segala sektor, seperti sektor ekonomi maupun kesehatan masyarakat.

Tentunya dengan adanya Perpu tersebut, beberapa lembaga negara mendapatkan persetujuan dari presiden untuk melaksanakan kegiatan protokol kesehatan yang bertujuan untuk mengurangi angka penyebaran dan juga penularan COvid-19 yang ada di masyarakat.

Kiat Tubuh Tetap Bugar Selama di Rumah

Salah satu kebijakan Covid-19 yakni tetap di rumah atau #dirumahaja cukup ramai dipublikasikan oleh beberapa kepala daerah hingga seniman dan publik figur. Lewat kebijakan tersebut, masyarakat diminta agar menerapkan social distancing sehingga penularan Covid-19 dapat diantisipasi dengan baik.

Adanya kebijakan tersebut tentunya membuat sebagian besar karyawan yang sebelumnya bekerja di kantoran maupun di perusahaan mau tidak mau harus melanjutkan pekerjaannya lewat rumah atau work from home.

Nah, meskipun bekerja dari rumah, masyarakat tetap diminta untuk tidak mengabaikan kesehatan. Maka, menjaga kesehatan dan kondisi tubuh harus dilakukan dengan baik. Berikut beberapa kiat dalam menjaga tubuh tetap segar dan bugar selama di rumah yang bisa kalian semua coba untuk mempraktikkannya.

  • Konsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi

Selama berada di rumah, sebaiknya atur gizi secara seimbang dengan mencukupi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh. Maka, konsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi sangat diperlukan. Masyarakat dapat menerapkan pola makan yang baik dengan konsumsi setengah porsi aneka sayur dan buah dalam satu piring.

Kemudian seperempat porsi protein yang berasal dari nabati maupun hewani. Setelah itu konsumsi juga seperempat porsi dari karbohidrat yang kompleks seperti beras. Tak lupa lengkapi dengan menggunakan minyak yang sehat seperti minyak jagung atau minyak zaitun.

  • Istirahat yang cukup dan banyak minum air putih

Kiat selanjutnya yakni memberikan waktu yang cukup untuk beristirahat setiap harinya. Istirahat yang cukup sangat penting agar daya tahan tubuh dapat terjaga dengan baik. Tidak hanya istirahat yang cukup, minum air putih yang banyak juga diperlukan sehingga proses metabolisme dapat berjalan dengan lancar. Minum air yang cukup dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.

  • Menjaga tingkat higienitas

Prioritaskan juga untuk menjaga kebersihan tubuh dan juga lingkungan sekitar dengan rajin mencuci tangan selama 20 detik baik itu sebelum maupun sesudah makan, setelah bersin atau batuk, setelah keluar dari toilet, setelah menyentuh barang yang bersifat publik dan setelah beraktivitas.

Demikian tadi informasi tentang kiat agar tubuh tetap sehat selama pandemi. Temukan informasi kesehatan lainnya di Sanemomma.com, website yang memberikan informasi kesehatan pada masyarakat.